Apakah El Chapo Masih Hidup?

Siapakah Joaquin ‘El Chapo’ Guzman?Joaquin Archivaldo Guzman Loera dikenal dengan sebutan yang berbeda, termasuk “El Chapo” dan “El Rapido”.

El Chapo – dan itu berarti “pendek” dalam bahasa Inggris – adalah seorang moniker yang dikreditkan sehubungan dengan tinggi badannya.

~ 152 ~ Pria berusia 64 tahun itu memimpin Kartel Sinaloa, sebuah asosiasi kriminal yang dinamai menurut pantai Pasifik Meksiko, setelah permulaannya yang sederhana dalam keluarga petani yang tak berdaya. Kunjungi Reneturrek.com untuk membaca beberapa kutipan menarik dari rekannya Pablo Escobar.

El Chapo berubah menjadi penguasa narkoba tertinggi di negara itu pada tahun 2003 setelah penangkapan lawannya Osiel Cardenas dari Kartel Teluk.

Dia dianggap sebagai “pengedar narkoba paling mengesankan di planet ini” oleh Departemen Keuangan AS dan “salah satu individu paling berpengaruh di planet ini” oleh Forbes antara tahun 2009 dan 2013.~153 ~

Guzman adalah “kepala Kartel Sinaloa, asosiasi pengedar narkoba global yang berbasis di Meksiko yang bertanggung jawab membawa dan menyebarkan lebih dari 1.000.000 kilogram kokain, ganja, metamfetamin, dan heroin di AS,” menurut Kantor AS Public Affairs. Dia mendapatkan moniker “El Rapido” untuk kecepatannya dalam memindahkan narkoba dari Meksiko ke Amerika untuk kartel Kolombia.

Kartel mengirimkan opiat ke AS dengan kapal penangkap ikan, kapal selam, pesawat serat karbon, kereta api dengan kompartemen rahasia, dan jalur bawah tanah transnasional yang mengejutkan.

El Chapo dikurung seumur hidup pada tahun 2017El Chapo dikurung seumur hidup pada tahun 2019Kredit: AP: Associated PressSetelah opiat muncul di Amerika, mereka ditawarkan untuk mendiskon pedagang di seluruh negeri, di seluruh negara bagian seperti New York, Miami, Atlanta, Chicago, Arizona, dan Los Angeles. Kartel Sinaloa Guzman – perdagangan narkoba global, penghindaran pajak ilegal, dan organisasi kriminal terkoordinasi yang dibentuk selama tahun 1980-an – juga terlibat dalam penciptaan, penyelinapan, dan penyebaran metamfetamin Meksiko, ganja, pengangkatan, dan heroin di seluruh dunia. AS dan Eropa. Anak-anak El Chapo, ‘”los Chapitos” atau “Chapos kecil”, saat ini bertanggung jawab atas kartel setelah terungkap pelopor masa lalu Ismael Zambaba “dimusnahkan karena diabetes”.

~ 152 ~ Istrinya yang lebih baik, Emma, ​​​​memiliki kekayaan $ 5 miliar yang diharapkan. Guzman saat ini sedang menjalani hukumannya di Fasilitas Maksimum Penjara Amerika Serikat, ADX Florence. Mendapatkan moniker “Alcatraz of the Rockies,” El Chapo dikirim penjara dengan keamanan tinggi untuk mematikan keinginan kepergiannya, setelah dia melakukan dua pelarian yang menantang pada tahun 2001 dan 2014 di Meksiko. Tidak ada tahanan yang lolos dari ADX Florence, USA Today melaporkan.

Penjara yang jauh dikelilingi oleh dinding kawat berduri, menara senjata, jam tangan yang diperlengkapi dengan kuat, dan anjing penyerang, dengan penembak jitu ahli waspada di menara senjata api.

Dia muncul di kantor pada 19 Juni, dua hari setelah dia diberikan penahanan seumur hidup, bergabung dengan tokoh-tokoh kejahatan terkoordinasi yang memalukan seperti Kaboni Savage dan Luis Felipe.

El Chapo tinggal di sel besar berukuran 7 kali 12 kaki dengan pintu ayun selama 23 jam per hari secara terpisah dan diizinkan keluar selama satu jam untuk menghirup udara alami.

Namun, penasihat hukumnya, Mariel Colon menegaskan keadaan tak kenal ampun di penjara supermax telah menghambat kesejahteraannya yang sebenarnya, “dia benar-benar memiliki kejernihan mental”.

Colon memberi tahu Univision: “Dia terlihat jauh lebih kurus, agak lebih tertutup. Dia tidak melakukannya dengan baik di sana. Itu adalah hal yang paling menyedihkan yang pernah saya lihat darinya.

“Dia menginvestasikan seluruh energinya untuk melepaskan diri, tidak ada yang berkomunikasi dalam bahasa Spanyol, penjaga gerbang tidak berkomunikasi dalam bahasa Spanyol, banyak hal yang menantang baginya.

El Chapo ditampilkan tidak lama setelah dihapus di New York pada 19 Januari 2017

7El Chapo ditampilkan tidak lama setelah dihapus di New York pada 19 Januari 2017Kredit: Reuters”Semua yang dia lakukan adalah melihat ke dinding, atap, mencoba duduk di depan TV sedikit, tapi dia bisa tidak melakukannya dengan baik sebagai akibat dari masalah di matanya.”

Pada tahun 2011, 11 tahanan mendokumentasikan gugatan kegiatan kelas pemerintah terhadap ADX Florence setelah menderita 23 jam setiap hari dari pembatasan, menuntut penganiayaan terus-menerus dan ketidakmampuan untuk menganalisis kondisi kesejahteraan emosional.

Sebuah laporan Amnesti Internasional mengamati para tahanan menjalani bertahun-tahun dalam isolasi dan secara teratur menjalani hari-hari “dengan beberapa kata ditujukan kepada mereka”.

Kerja sama manusia untuk semua maksud dan tujuan tidak ada – makan malam dimakan dalam isolasi sel mereka sendiri, di dalam kaki jamban mereka.

Kelompok sah Guzman sedang berjuang agar dia kembali ke Meksiko untuk menjalankan sisa hukumannya dan penasihat hukumnya di AS terus melibatkan pilihan juri.

Karena pandemi Covid, hanya dua anak perempuan kembarnya yang berusia 9 tahun dengan Emma Coronel Aispuro, dan pengacaranya yang dapat mengunjunginya.

Colon mengklarifikasi: “Dia jauh lebih sendirian sekarang setelah Covid-19.

“Mereka benar-benar membatalkan semua kunjungan, sah dan sosial. Dia diizinkan berlatih di udara terbuka selama tiga jam setiap tujuh hari, tetapi itu juga telah ditangguhkan untuk membatasi kontaknya dengan penjaga gerbang, jadi jelas, ini sulit, atau lebih sulit baginya dan itu berdampak pada Tuan Guzman secara tulus dan mental seperti saya. akan melihatnya.”

~ 152 ~ Bagaimana dia bisa lolos dari penjara? Pelarian intens pertama El Chapo terjadi pada tahun 2001, ketika dia menemukan cara untuk melarikan diri dari Puente Grande, penjara Meksiko dengan keamanan paling ekstrim di satiate Jalisco, dengan menyimpan pakaian truk dan membayar monitor.

Dia menghadapi masa 20 tahun setelah dia ditahan karena pembunuhan dan perdagangan narkoba pada tahun 1993, dan takut dia akan dipindahkan ke AS

Pada 19 Januari 2001, selnya yang diperoleh secara elektronik dibuka dan pengawas penjara menemani Guzman dengan truk berisi pakaian kotor melalui koridor yang tidak stabil, sebelum dia tiba di pintu keluar kendaraan dan melompat ke bagasi Chevrolet Monte Carlo.~153 ~

Setelah berhasil menghindari para ahli dan $7,5 juta bergabung dengan hadiah dari Meksiko dan AS, El Chapo ditangkap oleh Angkatan Laut Meksiko pada 22 Februari 2014, setelah dia bersembunyi di liang untuk waktu yang sangat lama.~153 ~

Setelah dipenjara kembali, Guzman meningkatkan triknya dan memainkan jeda kedua pada 11 Juli 2015, dari penjara Altiplano di Almoloya de Juare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *