Meningkatkan Kehidupan Dengan Pompa Air Dan Peralatan

Pemompaan cairan hampir bersifat global dalam proses kimia dan juga petrokimia. Banyak produk berbeda yang disempurnakan perlu perhatian yang sangat dekat pada pemilihan produk bangunan dari berbagai komponen pompa, pengaman poros, serta hidrolika dari masalah individu. Berbagai macam jenis pompa telah dibuat untuk memenuhi berbagai masalah khusus yang terletak di sistem pabrik kimia; meskipun demikian, karena semua ini tidak dapat dibicarakan di sini, penghilangan beberapa tidak berarti bahwa mereka mungkin tidak cocok untuk sebuah solusi. Secara umum, opsi pompa akhir dan juga informasi kinerja disarankan oleh pembuat untuk memenuhi kondisi yang ditentukan oleh insinyur desain prosedur. Adalah penting bahwa perancang sistem prosedur benar-benar terbiasa dengan aktivitas setiap pompa yang ditawarkan untuk layanan sehingga hal-hal seperti instrumen kontrol dan juga katup dapat dievaluasi dengan benar dalam pemahaman penuh tentang sistem.

Pompa adalah ciptaan fisik yang digunakan untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lain melalui saluran. Selama bertahun-tahun, tata letak pompa yang tak terhitung jumlahnya sebenarnya telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Kebutuhan mendasar untuk menentukan aplikasi adalah hisap dan juga tekanan distribusi, kehilangan tekanan dalam transmisi, serta harga aliran. Tuntutan unik mungkin ada di makanan, farmasi, nuklir, serta berbagai sektor lain yang memberlakukan persyaratan pemilihan bahan pompa. Metode utama transfer daya ke cairan yang memicu sirkulasi adalah gravitasi, perpindahan, tekanan sentrifugal, gaya elektromagnetik, transfer energi, impuls mekanis, dan gabungan dari mekanisme transfer energi ini. Gravitasi serta gaya sentrifugal adalah sistem transfer energi yang paling umum beroperasi.

Gaya pompa sudah sangat standar. berdasarkan pengalaman aplikasi, banyak standar yang benar-benar muncul. Sebagai pekerjaan khusus dan kondisi aplikasi baru untuk pompa ditetapkan, standar ini akan ditingkatkan dan dimodifikasi. Kriteria pompa tipikal adalah:

1. American Petroleum Institute (API) Kriteria 610, Pompa Sentrifugal untuk Layanan Pengilangan.
2. American Waterworks Organization (AWWA) E101, Pompa Turbin Angin Vertikal Sumur Dalam.
3. Laboratorium Pakar (UL) UL 51, UL343, UL1081, UL448, UL1247.
4. Perusahaan Perlindungan Kebakaran Nasional (NFPA) Pompa Kebakaran Sentrifugal NFPA-20.
5. Budaya Desainer Mekanik Amerika (ASME).
6. Institut Spesifikasi Nasional Amerika.
7. Persyaratan Lembaga Hidrolik (Aplikasi).

Kriteria ini menentukan desain, bangunan dan konstruksi, dan juga menyaring informasi seperti opsi material, penilaian toko dan juga pengujian, gambar dan penggunaan lain yang diperlukan, izin, prosedur pembangunan, dan sebagainya.

Salah satu jenis pompa paling umum yang dibuat oleh Constant Flow Pump di pabrik kimia adalah sentrifugal dan perpindahan yang menguntungkan. Terkadang pompa turbin angin regeneratif, pompa aliran aksial, dan ejektor digunakan.
Metode modern adalah dengan menggunakan sentrifugal daripada pompa variasi positif jika memungkinkan karena pada umumnya lebih murah, membutuhkan lebih sedikit perawatan, dan lebih sedikit ruang. Pompa sentrifugal konvensional berjalan pada kecepatan antara 1200 dan 8000 rpm. Pompa sentrifugal yang benar-benar broadband, yang dapat beroperasi hingga 23.000 rpm dan lebih tinggi, digunakan untuk aplikasi highhead berkapasitas rendah. Banyak pompa sentrifugal pasti akan beroperasi dengan head yang kira-kira konsisten pada berbagai kemampuan.

Pompa perpindahan positif bolak-balik atau berputar. Pompa reciprocating terdiri dari jenis piston, bettor, dan diafragma. Pompa yang berputar adalah: lobus soliter, beberapa pial, baling-baling putar, rongga gigi yang maju, dan jenis peralatan. Pompa variasi positif beroperasi dengan kemampuan yang hampir terus-menerus pada varian head yang besar, oleh karena itu biasanya dipasang untuk solusi yang membutuhkan head tinggi dengan kapasitas sedang. Aplikasi unik pompa reciprocating kecil di pabrik pemrosesan gas adalah untuk injeksi cairan (misalnya metanol dan penghambat kerusakan) langsung ke aliran prosedur, di mana fitur kapasitas konstannya diinginkan.

Pompa aliran aksial digunakan untuk layanan yang membutuhkan kemampuan sangat tinggi pada head yang dikurangi.

Pompa turbin regeneratif digunakan untuk layanan yang membutuhkan kemampuan kecil pada head tinggi. Ejektor digunakan untuk menghindari biaya modal pemasangan pompa, ketika cairan objektif yang sesuai (biasanya uap berat) tersedia, dan umumnya alat dengan efisiensi rendah. Jenis pompa ini jarang digunakan di pasar pemrosesan gas.

Untuk mencapai pemeringkatan pompa sentrifugal yang baik dan menyeluruh dengan benar, perancang sistem pembangkit setidaknya perlu melakukan hal berikut.

1. Pahami dasar-dasar kinerja pompa itu sendiri.
2. Memahami detail mekanis yang diperlukan agar pompa berfungsi secara efektif dalam suatu sistem.
3. Tentukan gesekan dan juga kehilangan tekanan lainnya untuk setiap “sisi” pompa, hisap, serta pelepasan.
4. Cari tahu kepala sisi hisap dan sisi pelepasan untuk sistem mekanis yang terpasang pada pompa.
5. Tetapkan kepala hisap positif internet (NPSH,) penting yang tersedia untuk sistem mekanis sisi hisap pompa, serta bandingkan ini dengan kepala hisap positif jaring (NPSH,) yang dibutuhkan produsen oleh pompa itu sendiri. Ini mengharuskan perancang membuat pilihan pompa aktual tentatif dari beberapa produsen untuk memanfaatkan angka aktual.
6. Lakukan peningkatan yang diizinkan pada NPSH yang diperlukan pompa (gunakan bagan jika berlaku) dan juga bandingkan dengan NPSH yang tersedia. Kebutuhan yang tersedia untuk selalu beberapa kaki (mm) lebih besar dari yang diminta tetap.
7. Lakukan perbaikan kekentalan cairan sesuai efisiensi yang dibutuhkan jika cairan lebih kental dari air.
8. Menganalisis indeks tingkat detail, khususnya jika dapat diperkirakan bahwa perubahan sistem di masa mendatang mungkin diperlukan.
9. Jika fluida yang dipompa naik ke tingkat suhu yang dinaikkan (umumnya lebih dari 90o F (32,2 o C )), periksa lonjakan suhu di dalam pompa dan juga sirkulasi minimum yang diperlukan melalui pompa.
10. Melakukan modifikasi tenaga kuda rem pompa untuk cairan dengan berat jenis berbeda dengan air. Pilih tenaga kuda (motor listrik, umumnya) asli agar tenaga kuda yang hilang di antara pengemudi dan poros pompa masih memberikan daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan poros input pompa.
11. Jika pompa memiliki beberapa solusi atau permintaan khusus yang berbeda, kenali ini dalam ukuran dan pilihan akhir. Hubungi pembuat tepercaya yang membuat pompa untuk jenis solusi dan aplikasi serta minta mereka memvalidasi analisis aplikasi sistem Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *